13 Kegunaan Asam Asetat


kegunaan asam asetatSiapa yang tak kenal dengan bahan kimia yang satu ini. Asam asetat. Asam asetat atau asam cuka, dengan rumus kimia CH3COOH, adalah bahan kimia yang hampir dengan mudah kita temukan di setiap dapur rumah tangga. Anda, saya yakin sudah tahu apakegunaan asam asetat bagi kehidupan sehari-hari. Paling tidak asam asetat sering kita gunakan untuk membuat aneka makanan, minuman dan menghilangkan bau amis pada ikan.
Akan tetapi apakah kegunaan asam asetat hanya sebatas itu saja? Apakah sebenarnya ada banyak kegunaan lainnya yang kita belum tahu?
Tentu saja ada. Dan melalui artikel ini saya akan menunjukkan kepada anda beragam kegunaan asam asetat bagi kehidupan kita sehari-hari. Jadi baca terus artikel ini. Karena mungkin anda baru menyadari bahwa bahan kimia yang satu ini begitu banyak manfaatnya.
13 Kegunaan Asam Asetat Bagi Kehidupan
Asam asetat adalah asam organik yang berwarna jernih dengan bau yang menyengat. Setiap tahun tak kurang dari 6,5 juta ton asam asetat diproduksi di pabrik-pabrik di seluruh dunia. Ini membuktikan bahwa asam asetat merupakan salah satu bahan kimia organik terpenting bagi industri.
Di pasaran, asam asetat diperjualbelikan dalam beragam konsentrasi. Tentu saja konsentrasi yang berbeda akan memiliki kegunaan yang berbeda pula. Konsentrasi atau kadar asam asetat biasanya dinyatakan dalam satuan persen volum atau % v/v.
Sebagai contoh, asam asetat dengan konsentrasi 10%, berarti sisanya sebanyak 90% adalah air.
Baik, sekarang mari kita lihat satu per satu kegunaan asam asetat bagi kehidupan kita:
  1. Asam asetat digunakan sebagai bahan baku pembuatan cellulose acetate, yang biasa digunakan dalam industri film.
  2. Sebagai bahan baku pembuatan polyvinyl acetate, yaitu bahan baku pembuatan lem kayu.
  3. Digunakan sebagai pelarut dalam proses-proses produksi di industri.
  4. Digunakan dalam pembuatan tinta dan zat warna.
  5. Di dalam laboratorium klinis, digunakan sebagai bahan untuk pengetesan darah.
  6. Digunakan dalam industri pembuatan botol minuman ringan.
  7. Digunakan pada industri pembuatan karet dan plastik.
  8. Asam asetat juga digunakan dalam proses pembuatan pestisida
  9. Di dalam industri makanan, asam asetat telah disetujui sebagai bahan aditif pada makanan dengan nomor registrasi E260.
  10. Di Indonesia, asam asetat sering digunakan sebagai bahan untuk mengawetkan makanan, seperti pada pembuatan manisan buah atau sayur.
  11. Di bidang kesehatan, dalam konsentrasi rendah asam asetat biasa digunakan sebagai anti bakteri dan deodorant alami, yaitu zat penghilang bau.
  12. Asam asetat berperan penting sebagai zat yang digunakan untuk membersihkan noda pada kaca, benda berbahan kuningan, baja dan kerak pada mesin pembuat kopi.
  13. Selain itu, asam asetat bisa dimanfaatkan pula untuk menghilangkan bau pesing pada toilet dan kamar mandi.
Bagaimana? Ternyata kegunaan asam asetat begitu banyak bagi kehidupan kita dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kamus teka teki MOS

Cara agar PeDe