ATOM, ION, DAN MOLEKUL


1. Atom
Atom adalah partikel terkecil suatu unsur yang tidak dapat di uraikan (dibagi-bagi) lagi dengan reaksi kimia biasa. Atom memiliki sifat yang berbeda dengan zat asalnya. artinya, jika suatu zat (senyawa) terurai menjadi atom, sifat atom tersebut berbeda dengan sifat senyawa asal atom. Atom merupakan partikel penyusun unsur dan senyawa.
2. Ion
Ion adalah atom atau gugus atom yang bermuatan listrik sehingga ion-ion dalam larutan dapat menghantarkan arus listrik. Ion dibedakan menjadi ion positif (kation) dan Ion Negatif (anion).
Elektolit adalah zat yang dalam wujud cair atau larutannya dalam air dapat menghantarkan arus listrik., karena dalam bentuk cair atau larutanya dalam air, zat elektrolit terurai menjadi ion positif dan ion negatif.
Contoh Ionisasi zat Elektrolit:
NaCl → Na+ + Cl 
H2SO4 → 2 H+ SO42-
yang termasuk zat elektrolit adalah asam, basa, dan garam. itulah sebabnya larutan asam, larutan basa, dan larutan garam dapat menghantarkan listrik.
Ion sangat di perlukan oleh tubuh sebagai penghantar listrik ke otak. kekurangan ion menyebabkan badan menjadi lemas dan kurang tenaga. salah satu sumber ion bagi tubuh manusia adalah garam dapur yang dalam larutan terurai menjadi ion natrium dan ion klorin. Ion lainya yang juga diperlukan oleh tubuh adalah ion kalium. ketika kita banyak mengeluarkan keringat. kita kehilangan banyak natrium karena keringat kita mengandung garam dapur (NaCl).
Ion dituliskan dengan menuliskan lambang atom atau lambang gugus atom dengan memberikan tanda muatan pada pojok kanan atas.
Contoh Penulisan Ion Positif :
H+, Li+, Na+, K+, Ca+, Mg2+, Al+
Contoh Penulisan ion negatif :
F-, Cl-, Br-, I-, SO42-, NO,3-
3. Molekul
Molekul adalah kumpulan atom-atom sejenis maupun atom-atom tidak sejenis yang berkaitan secara kimia. molekul merupakan partikel terkecil suatu zat yang masih memiliki sifat yang sama dengan zat asalanya.
Misalnya, gula rasanya manis. Walaupun gula sudah larut dalam air dan terurai menjadi melekul, rasa manis masih tetap ada.
Molekul dapat diuraikan menjadi atom unsur pembentuknya, misalnya gula. jika gula (C12H22O11) dibakar, dihasilkan arang (karbon) dan air. air juga dapat di uraikan menjadi unsur hidrogen dan unsur oksigen. jadi, gula tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen.
Molekul dibedakan menjadi molekul unsur dan molekul senyawa. molekul unsur tersusun atas atom-atom sejenis yang berikatan secara kimia, seperti H2, O2, P4, dan S8. Molekul senyawa tersusun atas atom-atom berbeda jenis yang berikatan secara kimia, seperti, CO, CO2, NO2, SO2, dan H2O.

Comments

Popular posts from this blog

Kamus teka teki MOS

13 Kegunaan Asam Asetat

Cara agar PeDe